Jumat, 15 Juli 2011

cara mengatasi cpu fan error

Setau ane biasanya kabel fan cpu tidak nyambung ke "port" CPU Fan cek dulu kipasnya nyala tidak, atau usia kipas yg sudah lama kalaupun nyala tapi tidak maksimal akibatnya Processsor panas, mb panas itu biasa. makanya ada muncul error itu, kan ada kontrolnya di bios coba dicek dl gan :D
“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”
Pesan error yang ditampilkan di layar monitor ketika tombol power di tekan dan dalam waktu 5 detik PC otomatis akan mati (power down). Hal ini sering dialami komputer Build Up HP dan Compaq, seperti yang saya alami sendiri. Apa penyebab timbulnya masalah tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya?
Hal ini terjadi ketika komputer pertama dihidupkan, atau timbul setelah melakukan update BIOS. Pada produk HP sudah ditanamkan sensor untuk mendeteksi kipas prosesor (CPU Fan), sehingga bila kipas mengalami gangguan seperti tidak berputar maka sensor akan mendeteksinya dan proses auto shutdown akan terjadi ini diperlukan untuk menghindari panas yang berlebihan pada CPU yang pada akhirnya dapat merusak komponennya.
Akan tetapi setelah saya mencoba mengganti kipas dengan kipas biasa bukan kipas prossesor, pesan “Error: CPU fan failed” terus terjadi dan komputer langsung mati. Ini berarti sensornya masih mendeteksi keberadaan kipas yang terhubung dari mainboard. Sementara kipas yang saya pasang terhubung ke kabel dari Power Supply (PSU).
Sebenarnya kita masih dapat masuk ke System dengan menekan tombol F2 secara berulang setelah tombol power on, fungsi tombol ini untuk membatalkan kerja sensor yang ada di mainboard sehingga power tetap jalan dan komputer bisa loading seperti keadaan normal. Akan tetapi, solusi yang terbaik adalah dengan mengganti kipas yang rusak tadi. Dan masalah pesan error ini dapat kita atasi dengan melakukan pengaturan pada BIOS.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol F11 secara berulang, bila belum juga bisa silakan gunakan tombol F1 atau F10.
  • Setelah berhasil masuk BIOS, pilih menu Advanced, pilih Hardware Monitor tekan Enter, pilih CPU Fan Check kemudian tekan Enter lagi, karena CPU Fannya tidak ada maka kita pilih “Disable” saja. Agar tidak dilakukan pengecekkan.
  • Selanjutnya tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari BIOS.
  • Hal ini dapat juga dilakukan ketika pesan error yang timbul setelah melakukan update BIOS untuk komputer HP.
Pesan-pesan yang timbul dapat berupa seperti ini:
“ERROR: CPU Fan Has Failed! PC will automatically power down in a few seconds. Service the PC immediately to prevent damage to the PC.”
atau
“CPU Fan Failed. Press F2 to continue to boot. Otherwise, the system will power down in five seconds. Have system serviced immediately“
Menurut suatu lembaga riset IDC  mengungkapkan bahwa sebagian besar computer yang digunakan masih banyak yang tidak dimanfaatkan secara maksimal dan optimal.


Hasil laporan tersebut bukanlah  berita yang baik, apalagi di zaman sekarang ini ketika sedang rama-ramainya soal ramah lingkungan. Dimana Komputer yang sebetulnya mempunayi kemampuan yang tinggi tetapi digunakan secara tidak maksimal. Jika demikian kita sama saja dengan membuang-buang listrik secara percuma.yang pada akhirnya sama saja membuang uang dengan percuma.
Mengingat kondisi yang ada, bukan berarti Anda  harus mengganti komputer atau harus instal software baru. Tetapi Anda hanya harus mengetahui cara menghemat energy pada computer agar sesuai dengan pekerjaan yang sering Anda lakukan
Dengan kata lain, kita akan membuat sebuah komputer bekerja lebih irit energi. Berikut langkah-langkah cara menghemat energy pada computer .
Komputer yang digunakan berprosesor Intel Pentium Dual Core E2180 berkecepatan 2GHz dengan kipas bawaan, motherboard Gigabyte G31M-S2C, memori DDR2-667 1GB, VGA Radeon HD 2400Pro, dan power supply PowerLogic 400 Watt.

1.Nyalakan komputer dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol “Del” di keyboard pada saat POST  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOPxUgNxoug-LQTr0Q3PyDiDVBzzdgOVqLX0RJF7EpZrHM65ZH_lzC2Cvl5HGOxI9xtihVO6mw-z5VFi2_fQ6mTYZILzlHmsJR03eFDqubhh-T8DRZ3-Wq71z__U6Tk8-RNBb76IL68Ok/s200/1.JPG


2. Motherboard yang digunakan keluaran Gigabyte, tekan kombinasi “Ctrl + F1” untuk memunculkan   sebuah menu tersembunyi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuRYs8OgCEmnwR4hWWjl_KEtzEpduXaC5cLBaiysjhjdpgyZnMk4RQGbIv123JrVMYr0HrrUw9tZZgAas319kPdXMbIWeDpPB03nrEWWP3DH8VdGfURmGhtADimu5vetk2sKzuYE010xs/s200/2.JPG

3. Masuk ke menu MB Intelligent Tweaker (M.I.T.). Dari sana, ubah “CPU Clock Ratio” dari 10 ke 7. Artinya, multiplier prosesor diturunkan jadi 7 kali. Dengan demikian, prosesor dengan FSB 200MHz akan berjalan di kecepatan 1,4GHz.

4.Voltase untuk prosesor Pentium Dual Core E2180 standarnya adalah 1,25000Volt. Anda dapat bereksperimen untuk menurunkan tegangan. Jika prosesornya sudah terkunci di kecepatan yang rendah, turunkan saja tegangannya 1 atau dua tingkat ke bawah.  

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimWur0U_Ee9ftIu4Mnx1NnhgOI5a7ZDcFEF2o42ZiCML8Ud33hDSwWuehL3ulMY3guB_EWLilcFkdNCLT2QkvVVcH8iyE4FM3bQVNaoDcldnRWcPegRjzLFoJ9L9plteFDMb4TBr-tLy8/s200/3.JPG

5.Keluar dari menu MB Intelligent Tweaker (M.I.T.) dengan tombol “Esc”. Masuk ke menu “Advanced BIOS Features”. Arahkan kursor ke “CPU EIST Function”. Ubah pilihan itu jadi “Disabled” supaya komputer tidak mengatur kecepatan prosesor secara otomatis setelah sistem operasi dijalankan.  

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj80q45ojRyS6-tbNbFeAk98cT6cH8ZzxKFGFNZ81g5cvll8suvNgzg6-dc9Ji7y1FvLNRDuQUw9o_qx1lqQ4sfJ2rrO65AGZOkRSSfVNhWYnONCSwuBclOpdhdN0ucvoG4dgU8V7UIybo/s200/4.JPG

6.Keluar dari menu “Advanced BIOS Features”, masuk ke menu “PC Health Status”. Di menu ini cari “CPU Smart Fan Control”. Pastikan pilihan yang dipakai adalah “Enabled”. Nah, dengan demikian, kecepatan putar kipas prosesor akan diatur otomatis. Jika suhu prosesor ‘sejuk’, maka putaran kipasnya lambat saja. Karena kipas bergerak lambat, suara yang dihasilkan pun tidak berisik.  

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0j79NWCjmhWDw18vHvBIwg_RvX7G9ppMwAZdUp2VN0eO80C74oSTj_kZvxSnnd8JZ-NIMZGJ_Pfd8KJJDH1yllfbyE7gzpGWQIl1kXqtzczvGA3_u36w_KZF0yutu6JJMVl5-367cObM/s200/5.JPG
7.Setelah itu, keluar dari menu, simpan pengaturan lalu keluar dari BIOS dan restart komputer.
Sedikit tips, Jika setelah Anda mengikuti tutorial ini komputer masih berjalan normal, coba ulangi langkah 1 sampai 4. Kalau nanti komputer sudah tidak stabil atau bahkan tidak bisa dinyalakan, lakukan “clear CMOS” dan kembalikan pengaturan BIOS ke posisi semula.
Saat ini banyak motherboard baru dengan fitur “Enhanced Intel Speedstep Technology” ataupun “AMD Cool n Quiet”. Fitur ini dapat membuat komputer hemat listrik secara otomatis

Selamat mencoba dan semoga berhasil

10 komentar:

  1. thanks. bermanfaat :)
    tp sy blm berani untuk mencobanya, setidakny sy bisa paham apa sebab komputer sya seperti ini. :)

    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonyaa :)

    BalasHapus
  3. saya sudah mencobanya,, tapi tetap tidak bisa..
    kira2 apa masalhnya ya..

    BalasHapus
  4. klu CPU Fan Check ngak ada di pengaturan Bios gimana tu mas?

    BalasHapus

  5. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    BalasHapus
  6. terimakasih mas, nice info banget deh..

    http://acemaxsshop.com/obat-demam-berdarah-herbal/

    BalasHapus
  7. terima kasih atas informasi nya sangat bermanfaat sekali dan membantu :)
    cek sewalaptop.id dan rentalsewalaptop.info jika butuh jasa sewa laptop
    terima kasih :)

    BalasHapus